Jumat, 04 April 2014

Panas Membumi

beberapa hari terakhir ini
hawa panas menyelimuti bumi
sepertinya tidak hanya di sini saja
beberapa kawan di sana memposting status "kepanasan"
hanya anehnya, setelah kepanasan, bisa tiba-tiba merasakan kedinginan
air hujan bisa tiba-tiba tumpah ruah tanpa pertanda sebelumnya
yang kadang tumpahnya tidak merata
di satu tempat yang sama
ehmm...kondisi itu yang sempat membuatku kocar-kacir
beberapa hari yang lalu
ahhh, tapi sudahlah
karena aku sedang tidak membicarakan tentang rasaku

ini tentang bumi
yang sedang menggelora beberapa waktu ini
yang sedang kupertanyakan
ada apakah gerangan dengan bumiku ini ?

kalau bicara tentang iklim yang tak menentu
bisa jadi inilah yang dinamakan perubahan iklim
saat siang hari, rasanya matahari berubah menjadi sepuluh
yang bahkan dampak panasnya terasa sampai malam hari
suhu udara sepertinya naik beberapa derajat dari hari-hari sebelumnya
panaaaasss luaarr biasa !

Duh,
mestinya, pohon semakin banyak ditanam
mestinya, manusia mulai menghemat energi
mulai bisa mengendalikan penggunaan benda-benda yang mempengaruhi alam
bekerja mulai paperless
manfaatkan teknologi ramah alam
mestinya semua itu bisa kita lakukan
karena bumi menjadi begini karena ulah kita, manusia
dan aku manusia !

ini warning buatku, buatmu, kalian, dan kita semua
karena aku masih ingin hidup lamaaaa
karena aku masih punya asa yang harus kugapai

dan karena aku masih ingin memilikimu lebih lama lagi !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar